Breaking News

10 Cara Mengatasi Android Lemot, Dijamin Ampuh

Cara Mengatasi Android Lemot – Pasti diantara kita pernah merasakan kenapa android lemot bila sudah terlalu lama digunakan, hal tersebut lumrah kok karena semakin lama kita menggunakan smartphone android maka kinerjanya akan semakin lemot seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, fplindonesia.com akan membagikan tips mengatasi android lemot.

Cara Mengatasi Android Lemot

Cara Mengatasi Android Lemot

Pada dasarnya, android lemot ini disebabkan banyak hal. Salah satu yang menjadi penyebab android lemot adalah menumpuknya file sampah atau junk file pada android kita. Lemotnya handphone android bisa terjadi disebagian proses seperti membuka keyboard android lemot, android lemot internet, android lemot pakai wifi dan bisa juga pada semua proses atau apapun yang kita lakukan pada android kita ini akan terasa lemot. Berikut ini beberapa penyabab android lemot dan cara mengatasi android lemot, simak rangkuman berikut ini ya.

1. Kapasitas Memory Yang Penuh

Pada kasus yang sering terjadi, penyebab hp android lemot ada pada performa hardware, salah satunya adalah pada memory internal. Salah satu hal terkait android lemot ini adalah pada penggunaan memory yang hampir memenuhi kapasitas. Hal ini bisa diindikasi ketika muncul notif yang mengatakan ‘kapasitas memory anda hampir penuh’. Meski demikian, kalian bisa mengatasi ini dengan cara memindahkan sebagian file dari memory internal ke memory eksternal. Dalam kasus ini, biasanya terjadi pada android dengan memory internal berkapasitas rendah. Maka dari itu, pastikan bila membeli android pilihlah memory internal yang besar atau setidaknya memiliki slot memory eksternal.

2. Uninstall Aplikasi Pembersih

Seringkali kami menemukan pengguna android yang menggunakan aplikasi pembersih, padahal faktanya aplikasi pembersih ini tidak benar-benar berjalan sesuai keinginan. Mengatasi android lemot satu ini solusinya adalah dengan meng-uninstall aplikasi pembersih dan gunakan aplikasi pembersih bawaan saja. Penggunaan aplikasi pembersih ini jugalah yang menjadi penyebab android lemot dan panas. Hal ini disebabkan aplikasi pembersih berjalan secara realtime background, yang mana aplikasi pembersih akan terus berjalan seiring andoid kalian menyala.

3. Gunakan Satu Antivirus Saja

Penggunaan antivirus memang cukup penting peranannya, antivirus sendiri merupakan aplikasi yang dapat menghindari serangan virus. Pada dasarnya aplikasi antivirus ini bekerja secara terus menerus pada background yang berdampak pada kapasitas RAM yang boros dan melemahkan performa kinerja android, hal ini juga yang menyebabkan android lemot padahal aplikasi sedikit. Dapat dibayangkan jika kalian memasang lebih dari satu antivirus, maka semua aplikasi antivirus tersebut memakan banyak resource RAM yang berakibat pada lemotnya smartphone android. Sebenarnya, penggunaan aplikasi antivirus pada android itu tidak perlu dilakukan karena serangan virus pada android jarang terjadi. Selama android dalam keadaan non-root dan kalian tidak bermacam-macam seperti membuka situs ‘aneh’ maka penggunaan antivirus ini hanya bikin android kalian lemot.

4. Gunakan Aplikasi Berbayar

Aplikasi gratis memanglah sudah menjadi langganan semua pengguna handphone atau android. Penggunaan aplikasi gratis ini memiliki kemungkinan membuat kapasitas internal memory penuh karena pada aplikasi gratis kebanyakan mengandung iklan-iklan yang berukuran besar. Jadi sangat disarankan jika kalian menggunakan aplikasi gratisan untuk memilih aplikasi prioritas yang sering digunakan saja, kalau tidak sering digunakan sebaiknya uninstall dan install kembali kembali dibutuhkan.

5. Jangan Selalu Meng-update Software

Ketika kalian mendapatkan notif pemberitahuan untuk update software, ada baiknya kalian jangan langsung meng-update aplikasi tersebut. Hal yang mesti kalian lakukan adalah membaca terlebih dahulu isi dari update tersebut, karena tak jarang banyak user android yang menyesalkan android lemot setelah update software. Bahkan, hal ini juga dirasakan oleh pengguna iOS lho. Melansir kompas.com, Apple dengan ‘sengaja’ mengirim pembaruan ke produk lama mereka agar lemot sehingga pengguna beralih ke produk terbarunya, duh parah banget ya.

6. Kurangi Penggunaan Widget

Cara mengatasi android lemot selanjutnya terkait dengan penggunaan widget. Peran widget digunakan sebagai pemercantik halaman layar depan android. Widget yang kalian pasang ini akan bekerja terus menerus di background maka otomatis akan memakan resource RAM android kalian. So, pastikan kurangi penggunaan widget pada android kalian atau kalau bisa jangan gunakan widget satupun.

7. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Mencoba berbagai aplikasi seperti sering dilakukan oleh pengguna android. Dan begitu sudah mencoba, kalian lupa kalau kalau aplikasi tersebut sudah jarang digunakan. Pada pemasangan aplikasi coba coba ini pastinya akan memakan banyak sekali ruang untuk menyimpan data aplikasi tersebut. Maka disarankan bagi kalian yang merasa androidnya lemot untuk segera meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dipakai.

8. Matikan Animasi

Animasi ini menjadi salah satu penyebab android lemot, dikarenakan habisnya atau termakannya RAM yang berdampak pada kinerja android kalian. Jadi sangat disarankan untuk kalian agar mematikan seluruh animasi bergerak yang ada di layar kalian. Animasi ini biasanya penggunaannya sama dengan widget, maka salah satu cara mengatasi handphone android lemot adalah dengan tidak menggunakan animasi.

9. Membersihkan Cache

Cache merupakan tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang telah atau saat ini kalian gunakan. Dengan adanya cache dapat mempermudah kalian untuk membuka kembali apa yang telah kalian tutup sebelumnya. Namun hal ini juga akan berdampak pada terisinya internal memory dan RAM, maka dari itu kalian dianjurkan untuk segera menghapusnya secara berkala.

10. Ganti Launcher

Kelebihan dari android adalah pada kemudahanya untuk melakukan kustomisasi. Bila kalian merasa bosan dengan tampilan bawaan pabrik, kalian dapat mengubahnya atau menginstall launcher lain. Selain untuk mengganti tampilan, penggantian launcher juga dapat menambah performa perangkat kalian yang terasa lemot karena UI bawaannya. Beberapa launcher diantaranya juga bukan hanya mengganti tampilan namun juga membuat perangkat yang kalian gunakan semakin cepat dan ringan saat menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, pilihlah launcher yang se-enteng mungkin agar atasi android lemot.

Nah, kira-kira seperti itulah rangkuman mengenai beberapa cara ampuh mengatasi android lemot kalian yang kian lama makin bikin jengkel. Semoga saja dengan cara-cara diatas bisa menjadi solusi android lemot yang kalian rasakan.

Check Also

Perpaduan Warna Army dan Mocca

Perpaduan Warna Army dan Mocca Lagi Ngetren

Warna merupakan salah satu unsur penting dalam dunia fashion dan desain. Setiap tahun, tren warna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *